Full width home advertisement

Kuliah

Buku Harian

Post Page Advertisement [Top]

Beberapa hari ini gue bingung mau nulis apa, jujur sebenarnya pengen banget nulis sesuatu lagi, terutama masalah dan cerita kehidupan gue bukan fakta fakta atau opini gue terhadap kehidupan. Kalo boleh cerita dulu, sebenarnya gue pengen nulis dari hari jum'at sore kemarin, tapi mentok gak ada yang gue rasa srek buat ditulis, buat dibagi sama orang-orang, terutama kalian yang selalu baca blog gue hhe. Akhirnya hari ini gue dapet ide malah kayaknya bisa dibuat jadi trilogi artikel gitu, emang ya berpikir keras itu juga ada hasilnya.

Permasalahan pada umumnya untuk orang yang udah lama gak nulis lagi itu sama, yap white paper blank syndrome, apaan tuh? kalo menurut gue yah, sebuah sindrom dimana lo takut lihat kertas putih, terus kalo udah berani ujung ujungnya bakal bengong selama 1 jam bahkan bisa seharian. Akhirnya malah ketiduran didepan laptop hha.

Mulai aja deh ya... kayaknya cukup buat pembukaan tulisan, setelah jeda lama buat gak nulis.

Jadi cerita di tulisan gue kali ini, bercerita tentang Tempat Tinggal gue selama hampir 2 tahun saat kuliah, tepatnya sih didaerah Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dalam artikel kali ini merupakan part pertama dari 3 cerita yang saling berhubungan (mungkin) dan semoga aja guenya gak malas buat ngelanjutin wkk.

Balada Tempat Tinggal : Kost Ibu Ani

Waktu itu gue baru lulus SMA atau tepatnya MAN Selat Tengah Kuala Kapuas (Sekarang jadi MAN Kapuas) di daerah kota gue dan setelah melalui pejuangan panjang buat bisa masuk kuliah akhirnya gue lulus dan keterima juga di Universitas Negeri di daerah Banjarbaru, Kalimatan Selatan dengan jurusan S-1 Ilmu Komputer. Setelah menjalani proses setelah lulus masuk kuliah, tes ini itu dan akhirnya gue bisa masuk Kampus MIPA secara resmi dengan jurusan yang udah gue pilih, ya S-1 Ilmu Komputer.


Foto gue bareng teman teman waktu dulu, awal-awal jadi maba, tebak gue yang mana

Setelah itu otomatis kan gue perlu tempat tinggal, sebagai mahasiswa baru (maba) waktu itu, gue gak tahu menahu masalah tempat tinggal, jadi karena hal tersebut akhirnya gue minta bantuan sama kaka sepupu yang kebetulan masih kuliah sewaktu guenya masih jadi maba. Entah karena takdir mungkin, akhirnya gue nge kost di kostan Ibu Ani.

Karakteristik Ibu Ani
- Baik (Terlalu Baik)
- Mirip-mirip orang china
- Tapi bisa bahasa daerah Dayak
- Asli orang Banjarbaru

Kostan ibu Ani mengambil gaya klasik menurut gue, karena halaman depan punya pager besar sebagai gerbang utama dan punya gerbang kecil dilainnya buat anak kostan lewat. Terus Halaman luas sama disamping tiap halaman ada bilik kamar tersusun, terus di ujung halaman depan ada halaman utama rumah ibu Ani yang besar, pokoknya desain buat anak kostan mirip zaman anak 90 lah.

Kesan pertama yang gue dapat untuk pertama kali ketemu ibu Ani ialah seperti Karakterisik diatas. Dikostan ini juga gue pertama kali tinggal dan merantau jauh dari orang tua, serta dapat teman kuliah pertama kalinya sebut saja namanya Edo - Anak Farmasi.

Karakteristik Edo
- Baik
- Tinggi
- Gagah
- Suka Bergadang (karena matanya pandaan)

Edo merupakan teman pertama gue saat kuliah, bahkan satu kampus pula di MIPA. Bersama Edo gue menjalani masa-masa OSPEK Kampus yang waktu itu namanya P2B, lupa lah kepanjangannya apa, intinya sih masa pengenalan kampus, berkat Edo pula gue sering terselamatkan ketika P2B karena tiap pagi Edo banguin gue, sebab waktu awal-awal itu gue masih terbiasa bangun kesiangan karena efek liburan setelah UN yang lama. Dulu waktu P2B bangun bagi banget jam 6 WIT artinya jam 5 WIB di daerah gue, buset kan, terus gak makan, emang hidup jadi maba itu keras.

Hari Terakhir P2B kalo gak salah Outbond ini

P2B selesai, setelahnya problem maba yang gue rasakan dulu rasanya gak ada habis habisnya, dimulai dari pembiasaan belajar di ruangan kampus, dulu disebutnya matrikulasi, terus pembiasaan jadwal belajar ala mahasiswa, canggung sama kaka tingkat karena takut di apa-apain terus yang dulu dan semua teman yang gue gak suka ialah kewajiban untuk ikut semua proses kegiatan di HIMA, entah dari mana aturannya dibuat, namun memang waktu gue jadi maba dulu seakan semuanya diwajibkan ke kita lo, bahkan karena kewajiban ini gue hampir beberapa kali batal pulang kampung, sekali lagi gue bilang maba itu keras amat.

Sampai suatu hari gue dapat kabar dari ibu Ani, bahwa Edo pindahan, kata bu Ani, Edo pindah karena orang tuanya yang minta sama juga karena ibunya bikinin rumah buat dia. Gue tentu syok dong, secara Edo teman satu satunya gue waktu itu yang akrab, lalu kalo dia pindah siapa teman bicara gue kalo malam udah datang, dulu tiap malam gue nongkrong bareng edo hanya sekedar buat cari makan atau bicara masalah permasalahan maba bersama kaka senior yang udah semester 3.

Kelupaan: orang orang yang gue kenal di kostan ibu Ani

-Bapak Suami Ibu Ani (intinya sih suami Ibu Ani) : Baik, sering makanin burung beo peliharaan ibu Ani tiap pagi, sama buang sampah anak anak kost.
-Andi - Anak Psikologi : Cita-cita pengen jadi dokter, terus karena gak keterima akhirnya masuk Psikologi, pakai kacamata minus, sering bawa teman ke kostan
-Lupa Namanya - Anak Psikologi : Anak Psikologi  Semester 3 sekaligus kaka tingkat budi, penyuka anime High School DxD.

Selain Edo, teman gue juga ada Andi, tapi gue sama Andi ini gak terlalu akrab mungkin karena beda style mungkin!!!, Andi keren gue Cupu. Sama Andi biasanya main sama teman-temannya sesama Jurusan Psikologi, jadi gue rada kurang bisa bersosialisasi sama mereka dulu.

Banyak Problem yang udah gue rasakan saat tinggal di kostan ibu Ani, namun juga ada serunya. Problemnya kamar gue itu panas banget banget, biayanya menurut gue waktu itu mahal banget karena walaupun sesuai dengan yang didapat tetap aja kalo ngebandingin dengan tempat yang gue tinggalin sekarang jauh banget harganya, kamar kecilnya banyak kecoa (ini yang gak gue suka sih), jauh banget dari kampus, dan karena jauh dari kampus otomatis juga susah nyari makan. Untuk kecoa, mungkin itulah salah satu alasan kenapa gue pada akhirnya memutuskan untuk pindah kostan bareng teman gue satu Jurusan yang udah pindah duluan, ditunjang juga dengan rasa kesepian semenjak di tinggal teman gue Edo + sebagai sarana biar lebih dekat sama kampus sama mudah cari makan. Padahal kostan ibu Ani itu enggak buruk juga kok, gue sempat tertolong karena beliau punya mesin cuci yang ngebuat gue gak cape cape amat buat cuci baju, yah walau cuman bisa make pengeringnya doang, terus dekat sama daerah martapura, enak banget loh kalo malam bisa dengerin syair syair yang sekarang lagi bingung seperti grub Sabyan Sekarang. Terakhir ibunya baik banget, beliau pernah ngasih gue baju batik dari bali (benar atau enggak. gak tahu, apa dari Bali beneran atau mungkin enggak), karena waktu itu gue diberi amanah buat hidupin lampu dan mati in lampu anak kostan yang ada sama kunci pager utama dan buang sampah setiap harinya, yah ganti ibunya selama ibunya pergi ke bali buat liburan. Nah berkat ibu Ani ini juga gue punya cita-cita bikin kostan kalo udah sukses nanti, biar bisa ke bali wkk.
  
Perpindahan dari kostan ibu Ani ini gue rasakan guenya agak gak sopan, karena gue pindah saat pembayaran udah dibayar dan menyisakan 2 bulan buat ditinggalin, dan jujur aja nih orang tua gue waktu itu marah banget karena selain pindah secara mendadak, terus uang yang udah dibayar otomatis gak bisa kembali lagi kan dan... waktu itu gue rugi hampir 1 juta lo. Pada akhirnya pendapat orang tua itu emang benar, gue kena karma saat pindah dimana (baca artikel selanjutnya kalo mau tau ya :) ).

Saat pindah pun gue gak pamitan secara langsung sama beliau, ibu Ani, gue pamitan cuman lewat SMS doang, karena gue waktu itu gak mau bikin beliau kecewa, sebab awal gue masuk beliau memberikan ekspentasi dan sifat baik banget sama gue, takutnya kalo bicara secara langsung malah bikin gak enak. Tapi tentu aja keputusan gue ini emang salah, salah dimata orang tua dan bikin perpisahan yang sebenarnya bisa lebih baik malah jadi bikin berkesan jelek banget, karena gak bilang bilang. Uang hilang, nyokap sama bokap marah, kesan perpisahan jelek.

Oleh sebab itu melalui tulisan ini gue mau bilang sama semua orang yang terkait dalam tulisan ini, Maaf. Sebuah kata yang 2 tahun lalu gak bisa gue ungkapkan secara gamblang dihadapan kalian, maaf atas semua kesalahan yang ada baik itu sengaja atau enggak, terutama buat "mama dan bapak yang uangnya kurang lebih 1 juta udah gue buang percuma waktu itu, mulai sekarang aku bakal hemat kok dan gak ngecewain lagi, doakan yang terbaik serta sukses ya".

Lalu ibu Ani, bila ibu suatu saat baca tulisan ini, tolong doakan saya yang terbaik, jujur bu ibu udah saya anggap sebagai ibu kedua saya, dan maaf pindahannya gak pamit pamit, iya bu uang 1 jutanya masih bisa kembali hha (bercanda). Intinya maaf ya bu dan sukses buat kostannya. Buat Edo,, gue gak tahu lo sekarang masih di Farmasi atau enggak, berharapnya sih masih, sukses ya, makasih udah jadi teman pertama gue di dunia perkuliahan. (Terakhir gue ketemu Edo di semester 4 kemarin deh kayaknya). Budi, Bapak Kost, Lupa Namanya, sukses ya semuanya, semoga semua sukses.

Akhirnya gue resmi pindah ke tempat yang bakal gue tinggalin bareng teman gue, namanya Parhan sama Sapta. Next Artikel deh kayaknya kalo ada waktu lagi... Bersambung

*nama nama diatas gue samarkan lo, terus gue gak punya foto kostan gue dulu, soalnya memori hp pada keformat semua jadi fotonya pada hilangan

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]